Desain Tangga Rumah Unik Minimalis

Tangga adalah sarana bantu yang menghubungkan dengan lantai di atasnya. Agar tangga mudah dan nyaman dilalui oleh pengguna, pembuatan tangga perlu didasarkan pada beberapa pertimbangan. Kemudahan dan kenyamanan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

  • Posisi Tangga

Untuk posisi tangga baiknya bisa dijangkau dengan mudah dari sudut manapun di dalam rumah, sehingga mobilitas penghini rumah pun bisa berjalan dengan baik. Akan tetapi menurut Feng Shui tangga yang berada di ruang tamu berakibat buruk bagi penghuninya, karena mempengaruhi hawa keberuntungan pemilik karena rezeki yang masuk selalu tidak langgeng atau bersifat naik turun.

Menurut Feng Shui letak tangga juga tidak boleh di tengah – tengah bangunan, hal ini akan menggangu pusat keberuntungan sebuah bangunan. Dalam Feng Shui, titik tengan bangunan diibaratkan pusar seseorang yang harus kita lindungi dari hawa Jahat.

tangga rumah unik minimalis

Penempatan tangga di atas dapur juga tidak bagus, selain menurut Feng Shui dapat menghentikan sandang pangan pemilik. Secara logika debu atau kotoran dari anak tangga yang berasal dari alas kaki akan dengan mudah masuk ke dalam makanan yang kita olah, hal ini tentu sangat tidak menguntungkan bagi kesehatan.

  • Area Tangga

Area Tangga harus cukup pencahayaan dan pijakan anak tangga sebaiknya tidak menggunakan bahan yang terlalu licin agar tidak membahayakan pengunaanya.

Aplikasi material tangga yang berbeda membuat tangga terlihat unik, alternative pilihan material bisa dengan plat baja yang di padu dengan lantai kayu akan membuat tangga ini memunculkan kesan arstistik di dalam rumah.

tangga rumah unik minimalis

  • Ketinggian Pijakan

Pijakan anak tangga perlu diperhitungkan agar bisa memberi kenyamanan bagi penggunanya. Biasanya tinggi anak tangga yang paling nyaman antara 15cm – 18cm, bila anak tangga terlalu tinggi maka kaki akan terasa berat bila menaikinya.

  • Lebar Anak Tangga

Lebarnya anak tangga harus melebihi lebar telapak kaki orang dewasa, hal ini diperlukan supaya tangga aman di gunakan untuk naik dan turun. Lebar minimal untuk anak tangga adalah >22cm jika lebar anak tangga <22cm dapat membuat orang jatuh terpeleset atau tersandung dan ini sangat membahayakan penggunanya.

Demikian penjelasan Griya Desain terhadap permasalahan aplikasi tangga di dalam rumah, wujudkan membangun rumah impian bersama kami.